Membuat Kartu Anggota Perpustakaan Grhatama Pustaka Yogyakarta

Sumber: BPAD Yogyakarta

Sore itu saya melewati Jalan Janti, saya melihat ada bangunan yang megah berdiri. Gedung tersebut menarik perhatian saya karena memang bangunannya yang terlihat megah disamping Jogja Expo Center. Saya memutuskan untuk berhenti sejenak. Terbaca dengan jelas Grhatama Pustaka di depan gedung tersebut. Saya kemudian browsing sebentar, ternyata gedung tersebut merupakan gedung perpustakaan provinsi DIY. Gedung perpustakaan ini disebut sebagai salah satu Perpustakaan terbesar di Asia Tenggara. Rasa penasaran membuat saya memutuskan untuk masuk ke area gedung tersebut.

Setelah parkir sepeda motor saya langsung naik ke area Perpustakaan di lantai 2. Saya berbincang sejenak dengan front office, kemudian saya dapatkan informasi bahwa untuk masuk ruang koleksi buku dan membaca ditempat tidak harus memiliki kartu anggota, sedangkan untuk meminjam buku harus menggunakan kartu anggota. Saya putuskan untuk sekalian membuat kartu anggota perpustakaan, jika sewaktu-waktu ingin meminjam biar mudah. Syarat untuk membuat kartu anggota perpustakaan Grhatama Pustaka Yogyakarta cukup mudah, cukup dengan menyerahkan fotokopi kartu identitas yang masih berlaku. Kartu identitas dapat berupa KTP DIY, KIPEM (Kartu identitas penduduk musiman), Kartu Pelajar atau Mahasiswa, atau bisa juga menggunakan KTP daerah asal dengan disertai surat keterangan bekerja dari instansi tempat bekerja.

Saya kemudian mengambil no antrian front office. Tidak lama kemudian no antrian saya dipanggil, saya menjelaskan maksud saya untuk membuat kartu anggota Perpustakaan. Petugas kemudian meminta fotokopi kartu identitas saya (ingat fotokopi bukan asli). Selanjutnya saya diarahkan ke ruang disamping front office, di ruang tersebut saya mengisi biodata anggota dan kemudian dilakukan sesi pemotretan untuk foto di kartu anggota. Tidak berapa lama setelah sesi pemotretan kartu anggota perpustakaan langsung jadi. Sangat mudah untuk membuat kartu anggota Perpustakaan Grhatama Pustaka Yogyakata. Yeah, akhirnya resmi jadi anggota salah satu perputakaan terkece ini.