Bus Wisata Surabaya Heritage Track

Kota pahlawan dengan sejuta kenangannya, Surabaya. Tentu masih lekat dalam ingatan kita bagaimana para arek Suroboyo dengan gagah berani merobek bendera Belanda di Hotel Yamato. Surabaya menyimpan banyak catatan sejarah dan bangunan masa kemerdekaan yang masih ada sampai sekarang. Hal ini berpotensi mendatangkan wisatawan dari berbagai daerah untuk berkunjung ke Surabaya. Potensi inilah yang dilihat oleh Museum House of Sampoerna dengan menawarkan paket wisata sejarah secara gratis dengan bus wisatanya, melalui tagline “Surabaya Heritage Track”.

buswisata

How to get it?
Bus Wisata Surabaya Heritage Track merupakan sebuah fasilitas wisata keliling Kota Surabaya secara gratis yang disediakan oleh Museum House of Sampoerna. Bus wisata ini sebagai wujud dedikasi mereka terhadap Kota Surabaya. Agar dapat berkeliling kota dengan bus ini kita memiliki dua pilihan. Pertama melakukan reservasi telebih dahulu melalui telepon (031) 3539000. Kedua datang langsung ke House of Sampoerna yang berlokasi di Jalan Taman Sampoerna No.6 , Surabaya, dengan resiko tidak dapat mengikuti tour jika kuota bus sudah penuh. Saya sarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu, karena banyak peminatnya bus ini selalu penuh dalam setiap tournya.
Setiap hari (kecuali Senin karena libur) terdapat tiga jadwal tour dengan waktu dan tempat yang berbeda. Wisatawan dapat menyesuaikan jadwal tour dengan jadwal wisatawan. Berikut jadwal tour Bus Wisata Surabaya Heritage Track:

REGULAR TOURS DAY SCHEDULE
Weekday (Tue to Thurs)
1. Surabaya – The Heroes City
(Heroes Monument – PTPN XI) 09:00 – 10:00
2. Surabaya – The Trading City
(Hok Ang Kiong Temple – Escompto Bank) 13:00 – 14:00
3. Surabaya during The Dutch Occupation
(Kebonrojo Post Office – Kepanjen Church – Ex. De Javasche Bank) 15:00 – 16:30

Weekend (Fri to Sun)
1. Exploring Surabaya
(Balai Pemuda – City Hall – Ex. De Javasche Bank) 09:00 – 10:30
2. Surabaya -The Heroes City
(Heroes Monument – GNI – PTPN XI) 13:00 – 14:30
3. Babad Surabaya
(Kampung Kraton – City Hall – Cak Durasim) 15:00 – 16:30
(Sumber: HOS)

Pemandu dari bus wisata ini sangat supel sekali, setiap bus melewati dan atau berkunjung ke tempat penting dan atau bersejarah bagi Kota Surabaya, dia akan dengan segera menceritakan tentang sejarah bangunan tersebut. Di satu tempat kunjungan biasanya wisatawan diberi kesempatan untuk melihat-lihat sambil foto sekitar 15 menit.
How to get there?
Jika Anda ingin mengunjungi House of Sampoerna sembari keliling Surabaya dengan Bus Wisata Surabaya Heritage Track berikut saya beri gambaran sedikit cara menuju ke sana.
Jika dari terminal Bungurasih atau Wilangon naiklah bus/angkutan jurusan Jembatan Merah Plaza (JMP), kemudian turunlah di SPBU Jalan Rajawali (jangan turun di JMP karena terlalu jauh). Dari SPBU jalan kaki ke barat sedikit sekitar 10 meter akan ada jalan menuju ke arah utara. Ikuti jalan ke utara tersebut, lurus saja sampai mentok (sekitar 100 meter). Kemudian ambil kiri lurus ikuti jalan sekitar 50 meter Anda akan menemukan House of Sampoerna. Kalau tidak ingin pusing dan capek, setelah turun di SPBU Jalan Rajawali carilah becak dan bilang saja mau ke tempat bus wisata, ongkosnya kurang lebih 10 ribu. Sekali lagi saya ingatkan turunnya jangan di JMP karena terlalu jauh dari House of Sampoerna.
Bagaimana? Tertarik berkeliling kota dengen Bus Wisata Surabaya Heritage Track? Try This!!!